Thursday, October 20, 2016

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

PENGERTIAN RPP
Rencana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang akan direalisasikan didalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus.

PRINSIP PENYUSUNAN RPP
Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan kegunaan budaya.
Menerapkan teknologi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintregasi, sistematis, dan efektif sesuai situasi dan kondisi.
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
Memberikan umpan balik
RPP membuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.

KOMPONEN RPP
Identitas meliputi :
Satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, jumlah pertemuan.
Standar kompetensi,
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang mengambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.

Kompetensi dasar,
Adalah sejumlah kemampuan yang baru dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentusebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran.

Indikator,
Adalah perilaku yang dapat diukur dan/diobservasikan untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan dasar penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetesi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Materi pokok,
Memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
Langkah-langkah pembelajaran meliputi,
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Kegiatan inti, merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivikasi, peserta didik untuk berpartisipasi  aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis.
Penutup, merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik dan tindak lanjut.
Media/sumber/bahan.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian materi.
Penilaian,
 prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajardisesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP
1.    Mencantumkan identitas
Nama sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas :
Semester :
Alokasi waktu :
2.    Menuliskan standar kompetensi (dikutip dari silabus)
3.    Menuliskan kompetensi dasar (dikutip dari silabus)
4.    Menuliskan indikator (dikutip dari silabus)
5.    Materi pokok

Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada dalam silabus.
6.    Mengembangkan langkah pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah setiap kegiatan pertemuan.
Kegiatan pendahuluan, meliputi :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian acuan
Kegiatan inti, meliputi :
Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkontruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing-masing.
Untuk memudahkan , biasanya kegiatan inti dilengkapi dengan lembar kerja siswa (LKS), baik yang berjenis cetak maupun non cetak.
Kegiatan penutup, meliputi :
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman atau simpulan.
Guru memeriksa hasil belajar peserta didik baik dengan memberikan tes tulis atau lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
7.    Memilih bahan dan alat pembelajaran
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan.
Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. Jika menggunakan alat peraga, cantumkan alat peraga yang digunakan dan cara penggunaannya.
8.    Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubik penilaian.

FORMAT RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP)
Nama sekolah    :
Mata pelajaran    :
Kelas/semester    :
Alokasi waktu    :    x 40 menit


Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Tujuan pembelajaran
Materi pembelajaran
Model atau metode pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan awal
Kegiatan inti
Kegiatan akhir

Sumber belajar
Hasil belajar
Penilaian

CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah    :    MTS Modern Sunan Ampel
Mata pelajaran    :    fiqih
Kelas/semester    :    VII/ 2
Alokasi waktu    :    2 x 40 menit


Standar kompetensi    :    5.    Memehami hukum islam tentang haji dan umroh
Kompetensi dasar    :    5.1    menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umroh

Indikator   
Menjelaskan pengertian dan hukum haji
Menjelaskan syarat wajib dan syarat sah haji
Menjelaskan rukun, wajib dan sunah haji
Menjelaskan larangan ibadah haji
Menjelaskan tata urutan ibadah haji

Materi pokok
Haji dan umroh
Suatu amal ibadah yang dilakukan dengan sengaja mengunjungi Baitullah dengan maksudberibadah secara ikhlas mengharap ridho Allah SWT dengan syarat dan rukun tertentu
Melakukan ziarah ke Baitullah (ka’bah) ditanah suci dengan niat karena Allah SWT dengan syarat dan rukun tertentu.

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian haji dan hukumnya
Siswa dapat menjelaskan syarat wajib dan syarat sah haji
Siswa dapat menjelaskan larangan ibadah haji
Siswa dapat menjelaskan tata urutan pelaksanaan ibadah haji

Metode pembelajaran
Ceramah    :    metode ini digunakan untuk memulai pembelajaran terutama untuk kegiatan awal
Kerja kelompok    :    kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umroh
Diskusi    :    metode ini digunakan  untuk mendialogkan tema-tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran.

Sumber belajar
Al quran terjamah dan hadits
Buku acuan paket fiqih depag
LKS bahan presentasi

Langkah-langkah pembelajaran

No    Uraian    Waktu      
1    Kegiatan awal :
Apresiasi
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah haji
Motivasi
Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah haji dan tata caranya   



10 menit      
2    Kegiatan inti :
Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah haji
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang ibadah haji
Penguatan tentang pengertian ibadah haji   


60 menit      
3    Kegiatan akhir :
Tanya jawab tentang ibadah haji
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah haji untuk pertemuan selanjutnya   


10 menit   


Penilaian

Indikator pencapaian       
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan rukun haji
Siswa dapat menjelaskan syarat wajib dan sah haji
Siswa dapat menjelaskan rukun, wajib, sunah haji
Siswa dapat menjelaskan larangan dalam ibadah haji
Siswa dapat menjelaskan tata urutan ibadah haji

Tes lisan     
Jelaskan pengertian hukum haji?
Jelaskan syarat sah dan syarat wajib haji?
Jelaskan rukun wajib dan sunah haji?
Sebutkan larangan haji bagi jamaah pria?
Sebutkan tata urutan pelaksanaan ibadah haji?   


 
Share:

0 comments:

Post a Comment