Monday, September 21, 2020

MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MEMBACA PADA ANAK USIA DINI (AUD)

Belajar adalah kewajiban setiap manusia, pun tanpa disadari dan mau tidak mau kita sudah belajar di setiap detiknya. Mulai dari belajar tanpa disadari dan disadari, belajar itu dilakukan sejak kita dalam kandungan seorang ibu. Kalau di dalam kandungan kita belajar memegang dan yang pertama dipegang mungkin adalah tali pusat, maka dari itu ketika bayi lahir ia selalu mampu memegang dengan erat jari sang ibu.

 

Belajar membaca juga tidak hanya aktivitas mengeja saja tetapi lebih dari itu, ketika membaca kita telah menyelami makna kata yang kita baca. Tetapi menumbuhkan minat baca pada anak itu tak semudah membalikkan telapak tangan, karena anak memiliki semangat yang naik turun.

 

Kali ini aku bakalan share tips untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini, apa saja tipsnya? Yuuk kita simak

 


Minat baca pada anak itu memiliki pasang surut dan naik turun pada moodnya, karena dalam benaknya hanya ada masa untuk bermain tetapi tidak ada salahnya jika kita menemani bermain anak sambil belajar. Ya sambil menyelam minum air, sambil bermain sedikit belajar.

 

1. Ajak anak untuk mengenal abjad, tulis abjad dikertas kemudian hias abjad tersebut. Tujuan dari menghias abjad adalah menjadikan anak semangat belajar karena ada gambar unik pada masing-masing huruf.

 

2. Ajak anak untuk menghafal huruf dengan nyanyian, agar mereka semangat dalam belajar mengeja.

 

3. Untuk merangsang semangat belajar, ajak anak untuk bernyanyi lagu yang ia sukai.

 

4. Ambil buku cerita bergambar, lalu ceritakan hal-hal yang ada dibuku. Ajak anak mengenal gambar, lalu ajak untuk mengenal huruf sekaligus.

 

5. Berikan anak buku bacaan yang ada gambar menarik, agar mereka bersemangat untuk mengeja bacaan tersebut.

 

6. Beri buku bacaan yang bergambar yang belum ada warnanya, jadi kita akan mudah untuk mengajar anak membaca, mengenal warna dan mengenal gambar. Jadi dalam satu waktu kita bisa mengajar anak beberapa pelajaran.

 

7. Memberikan kesempatan pada mereka untuk belajar dengan lingkungan belajar yang kondusif dan kreatif.

 

Mengajak anak untuk belajar itu tidak mudah karena pada dasarnya mereka lebih senang untuk bermain, masa yang begitu menyenangkan adalah masa anak-anak tetapi sebagai seorang bunda/pendidik kita harus bisa mengarahkan anak untuk bermain sekaligus belajar. 

 

Jadi, anak-anak tidak hanya mengetahui bermain saja tapi juga belajar dengan senang hati tanpa paksaan.

 

Fungsi minat belajar pada anak yang lebih besar adalah motivating force adalah kekuatan yang dapat mendorong anak untuk belajar. Sebagai pengajar atau orang tua kita harus menemani belajar serta memberi motivasi agar mereka selalu semangat dalam belajar.

 

Demikian sedikit tips yang bisa aku sampaikan, semoga bermanfaat untuk mengajarkan anak mengenal huruf dan belajar. Terimakasih salam sayang untuk kalian 😊

 

 

Share:

0 comments:

Post a Comment