Pada kesempatan kali ini saya akan memposting contoh halaman abstrak pada skripsi. Langsung saja dibaca yah teman-teman. Semoga bermanfaat
ABSTRAK
Oleh:
EKA NUR RAHAYU, 2014, Nomor Pokok: 2010114010366, NIMKO:
2010.4.114.0001.1.00488 Tahun 2014, Upaya Guru Menumbuhkan Pendidikan Akhlak di
SMK PEMBANGUNAN REJOSO, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi
Agama Islam (STAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk, Pembimbing I: Drs. H.M. Fauzi
Khan, MM,MA; Pembimbing II: Mathori, M.Pd.I
Latar
Belakang: Guru merupakan pendidik utama di dalam lingkungan sekolah yang bisa
membentuk peserta didik dalam menumbuhkan pendidikan akhlak. Guru sebagai fasiliator
memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran.
Sebagai motivator guru perlu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal khususnya dalam
menumbuhkan pendidikan akhlak, sebagai edukator guru harus menjadi contoh yang
baik kepada peserta didik untuk selalu bersikap yang baik sepeti tidak merokok
diwaktu proses belajar mengajar berlangsung. Pendidikan akhlak meliputi
kejujuran, tanggung jawab dan sopan santun itu harus ditumbuhkan dalam
lingkungan sekoalah, masyarakat dan dimanapun manusia itu berada. Akan tetapi, penelitian
ini lebih ditekankan pada pendidikan akhlak yang berada dilingkungan sekolah.
Permasalahan:
1. Bagaimana upaya guru sebagai fasilitator dalam menumbuhkan penidikan akhlak
di SMK Pembangunan Rejoso?, 2. Bagaimana upaya guru sebagai motivator dalam
menumbuhkan pendidikan akhlak di SMK Pembangunan Rejoso?, 3. Bagaimana upaya
guru sebagai edukator dalam menumbuhkan pendidikan akhlak di SMK Pembangunan
Rejoso?
Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui upaya Guru
sebagai Falilitator dalam menumbuhkan Pendidikan Akhlak di SMK Pembangunan
Rejoso; 2. Untuk mengetahui sejauh mana upaya Guru sebagai Motivator dalam
menumbuhkan Pendidikan Akhlak di SMK Pembangunan Rejoso; 3. Untuk mengetahui
bagaimana upaya Guru sebagai Edukator dalam menumbuhkan Pendidikan Akhlak di
SMK Pembangunan Rejoso.
Metode penelitian: Pola penelitian grounded theory karena karena Sebagaimana
prosedur perolehan data penelitian kualitatif, data grounded theory diperoleh
dari wawancara, observasi, dan arsip. karena tujuan pendekatan grounded theory
adalah untuk menghasilkan atau menemukan suatu teori yang berhubungan dengan
situasi tertentu. Situasi di mana individu saling berhubungan, bertindak, atau
terlibat dalam suatu proses sebagai respon terhadap suatu peristiwa. Variabel
penelitian: tunggal yaitu Guru dalam menumbuhkan pendidikan Akhlak. Sumber
data: 1. Primer: Kepala sekolah, Guru dan staf karyawan; 2. Skunder:
Dokementasi, catatan-catatan dan arsip-arsip. Metode dan instrumen pengumpulan data: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data: data teoritis dianalisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian: 1. Guru sebagai fasilitator dalam
menumbuhkan pendidikan akhlak di SMK Pembangunan Rejoso adalah baik; 2. Guru
sebagai motivator dalam menumbuhkan pendidikan akhlak di SMK Pembangunan Rejoso
adalah baik; 3. Guru sebagai edukator dalam menumbuhkan pendidikan akhlak di
SMK Pembangunan Rejoso adalah baik.
0 comments:
Post a Comment