Selamat malam sahabat
Lily... bagaimana kabarnya hari ini ? semoga selalu dalam lindungan-Nya yaa
aamiin....... kali ini mimin mau memposting tentang intrument apa saja yang wajib dalm
pembuatan RPP yang baik dan benar. semoga bermanfaat yaa khusunya bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan guru
A. PENGERTIAN RPP
Rencana
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang akan direalisasikan didalam kelas
dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus.
B. PRINSIP
PENYUSUNAN RPP
1. Keterkaitan
dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan
keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar
dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan
pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar,
dan kegunaan budaya.
2. Menerapkan
teknologi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan
penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintregasi, sistematis,
dan efektif sesuai situasi dan kondisi.
3. Mengembangkan
budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk
mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi
dalam berbagai bentuk tulisan.
4. Memberikan
umpan balik
RPP membuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
C. KOMPONEN RPP
1. Identitas
meliputi :
Satuan pendidikan, mata pelajaran,
kelas/semester, jumlah pertemuan.
2. Standar
kompetensi,
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal
peserta didik yang mengambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan
yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata
pelajaran.
3. Kompetensi
dasar,
Adalah sejumlah kemampuan yang baru
dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentusebagai rujukan penyusunan
indikator dalam suatu pelajaran.
4. Indikator,
Adalah perilaku yang dapat diukur
dan/diobservasikan untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu
yang menjadi acuan dasar penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian
kompetesi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5. Materi
pokok,
Memuat fakta, konsep, prinsip dan
prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir dengan rumusan
indikator pencapaian kompetensi.
6. Langkah-langkah
pembelajaran meliputi,
Pendahuluan merupakan kegiatan awal
dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi
dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
Kegiatan inti, merupakan proses
pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivikasi, peserta didik
untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kegiatan ini dilakukan secara sistematis.
Penutup, merupakan kegiatan yang
dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam
bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik dan tindak
lanjut.
1.
Media/sumber/bahan.
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dasar, serta materi ajar,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian materi.
2.
Penilaian,
0 comments:
Post a Comment