Wednesday, January 23, 2019

INSTRUMENT WAJIB YANG ADA DI RPP

Selamat malam sahabat Lily... bagaimana kabarnya hari ini ? semoga selalu dalam lindungan-Nya yaa aamiin....... kali ini mimin mau memposting tentang intrument apa saja yang wajib dalm pembuatan RPP yang baik dan benar. semoga bermanfaat yaa khusunya bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan guru 

A.    PENGERTIAN RPP
Rencana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang akan direalisasikan didalam kelas dan merupakan penjabaran lebih rinci dari silabus.

B.     PRINSIP PENYUSUNAN RPP
   1.      Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan kegunaan budaya.
   2.      Menerapkan teknologi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintregasi, sistematis, dan efektif sesuai situasi dan kondisi.
   3.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
   4.      Memberikan umpan balik
RPP membuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.

C.    KOMPONEN RPP
   1.      Identitas meliputi :
Satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, jumlah pertemuan.
   2.      Standar kompetensi,
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang mengambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
   3.      Kompetensi dasar,
Adalah sejumlah kemampuan yang baru dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentusebagai rujukan penyusunan indikator dalam suatu pelajaran.
   4.      Indikator,
Adalah perilaku yang dapat diukur dan/diobservasikan untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan dasar penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetesi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
   5.      Materi pokok,
Memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
   6.      Langkah-langkah pembelajaran meliputi,
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Kegiatan inti, merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivikasi, peserta didik untuk berpartisipasi  aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis.
Penutup, merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik dan tindak lanjut.
1.      Media/sumber/bahan.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian materi.
2.      Penilaian,

 prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajardisesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.


Share:

0 comments:

Post a Comment