Thursday, November 14, 2019

ORGAN PADA HEWAN RUMINANSIA (PEMAMAH BIAK)




Selamat malam sahabat Lily.... bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik yah... kali ini mimin mau memposting organ-organ pada hewan ruminansia beserta fungsingya. Apa saja???? Ini nah semoga bermanfaat ^^

Organ-organ pada hewan ruminansia beserta fungsinya sebagai berikut:


Rongga mulut (Cavum Oris) : Rongga mulut berfungsi sebagai tempat masuknya makanan dan dimulainya proses pencernaan. Rahang hewan ruminansia dapat bergerak menyamping untuk menggiling makanan.

Esofagus (kerongkongan) : Esofagus berfungsi sebagai jalur penghubung antara rongga mulut dengan lambung. Makanan hanya melewati esofagus tanpa melalui proses apapun, hal ini karena kerongkongan ruminansia umumnya sangat pendek sekitar 5 cm, tetapi mampu melebar untuk menyesuaikan ukuran dan tekstur makanan.

Lambung : Makanan yang telah melewati esofagus kemudian akan menuju lambung. Proses pencernaan pada lambung yang pertama untuk menampung makanan sementara sebelum dikeluarkan kembali. Selain itu lambung berfungsi dalam proses pembusukan makanan dan menghasilkan enzim selulase yang dapat mengurai selulosa. Berikut ini adalah bagian-bagian lambung hewan ruminansia:

Usus Halus : Usus halus berfungsi menyerap sari-sari makanan yang telah diproses di dalam lambung. Sari-sari makanan yang diserap kemudian diedarkan ke seluruh tubuh dan diubah menjadi energi.

 Anus : Setelah sari-sari makanan diserap oleh usus halus, sisa proses penyerapan akan dibawa menuju anus. Sisa ampas makanan tersebut akan dikeluarkan melalui anus.

Demikian sedikit pengetahuan tentang organ pada hewan ruminansia, semoga bermanfaat ^^



Share:

0 comments:

Post a Comment