Monday, November 18, 2019

MASALAH KONFLIK DAN INTEGRASI SOSIAL



Selamat malam sahabat Lily.... bagaimana kabarnya??? kali ini mimin akan share masalah konflik dan integrasi sosial yang ada di Indonesia. Ini adalah pemberlajaran untuk anak SMP/MTs dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Terimakasih semoga bermanfaat ^^


1. Konflik Antar Suku
Pemecahan masalah :
Masalah – masalah yang muncul seolah-olah mengkambing hitamkan warga yang berasal dari etnis berbeda juga isu SARA suku,agama,ras yang sengaja dihembuskan oleh kelompok kepentingan mengakibatkan konflik antar suku ini terjadi. Pemecahan masalah ini adalah dengan cara musyawarah hingga mencapai mufakat, jika perlu bisa mengikutsertakan kepala daerah setempat guna menjadi penengah antar suku tersebut.

Kesimpulan :
Jadi, masalah antar suku ini terjadi karena adanya seseorang yang memiliki kepentingan tertentu kemudian membuat masalah agar tidak terlalu kelihatan niat tidak baiknya.

Alasan :
Masalah antar sku ini harus dihindari agar tidak tercipta perpecahan dan konflik.







2. Konflik antar golongan
Pemecahan  Masalah :
Konflik antar golongan ini biasanya terjadi karena adanya masalah satu orang tetapi orang tersebut mampu untuk menghasut orang lain ikut dalam masalah ini. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan bersikap komunikatif, produktif, keterbukaan, bersikap fleksibel  dan cari tahu akar konflik

Kesimpulan :
Jadi, konflik antar golongan ini dapat dihindari jika kita mampu berpikir terbuka dan bersikap fleksibel serta mencari tahu terlebih dahulu akar dari konflik tersebut.

Alasan :
Agar teciptanya lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif tanpa adanya pertikaian dan pertentangan.







3. Konflik antar Ras
Pemecahan masalah :
Konflik antar ras ini biasa terjadi karena adanya kerusuhan salah satu orang dan menyebar luas hingga membuat kerusuhan yang tak berujung. Cara pemecahan dari masalah ini adalah menghargai perbedaan, menanamkan pandangan bahwa semua manusia adalah sama, menjunjung tinggi rasa saling menghormati dan meningkatkan kesadaran pribadi.

Kesimpulan :
Jadi, Konflik antar ras ini dapat di dihindari jika semua ras tersebut bisa saling menghargai satu sama lain, menjunjung tinggi rasa hormat antar ras dan meningkatkan kesadaran masing-masing ras untuk hidup aman dan nyaman.

Alasan :
Indonesia memiliki perbedaan ras dan hal itu tidak boleh menjadikan persatuan dan kesatuan Indonesia terpecah belah, justru perbedaan ras itu harus menjadikan Indonesia semakin maju dan berkembang.








4. Konflik antar agama
Pemecahan masalah :
Setiap agama selalu membawa misi kedamaian dan keselarasan hidup, bukan saja antar manusia, tetapi juga antar sesama makhluk Tuhan. Pemecahan masalah dapat dihindari jika menyikapi dengan sopan antar umat beragama, selalu menjalin hidup rukun dan tidak menghina satu agama ke agama lain.

Kesimpulan :
Jadi, maslaah ini bisa dihindari jika antar umat beragama bisa menghormati dan menghargai antar umat beragama. Maka perpecahan akan dapat dihindari.

Alasan :
Indonesia memiliki banyak agama yang berbeda dan mampu menjadikan Indonesia semakin beragam. Jika antar beragama tidak rukun maka perpecahan akan terjadi.



Share:

0 comments:

Post a Comment