Monday, January 13, 2020

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA YANG BAIK



Selamat pagi sahabat Lily… bagaimana kabanya?? Setelah sekian lama mimin tidak memposting karena keadaan yang tidak mungkin hehehe… aiih mimi lebay. Kali ini mimin akan memposting tentang “Hak dan kewajiban warga negara Indonesia terhadap keutuhan NKRI” mimin menulis ini karena banyak pelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang membahas tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia terhadap keutuhan NKRI.


Sedikit warga Negara Indonesia yang menggangap penting keutuhan NKRI karena banyak  dari mereka yang tidak memperdulikan hal itu, padahal hakikat dari keutuhan NKRI adalah keperdulian warga Negara itu sendiri terhadap bangsanya. Sebagai warga Indonesia, seharusnya kita menjadikan keragaman budaya, Bahasa dan ras menjadi pemersatu bangsa dan untuk memperkokoh keutuhan NKRI bukan malah menjadikan perbedaan itu sebagai sumber masalah baru.

Sebagai warga Negara Indonesia kita memiliki hak yang dilindungi oleh undang-undang yang menjadi dasar hukum di Negara Indonesia ini. Salah satu hak yang sangat melekat adalah hak untuk mendapatkan perlakuan yang baik, baik dalam pelayanan public dan pelayanan non public. Tetapi banyak dari mereka bahkan seorang disabilitas sendiri tidak pernah mendapatkan perlakuan baik dalam hal pelayanan public. Lantas apakah disabilitas itu bukan warga Negara Indonesia, sungguh begitu miris melihatnya.

Adapun hak – hak lain yang begitu melekat adalah :
1.                        Hak untuk mendapat perlakuan baik
2.                        Hak untuk pengajaran yang baik
3.                        Hak untuk berpendapat
4.                        Hak untuk mendapat pelayanan public
5.                        Hak untuk mendapat fasilitas yang baik teruntuk disabilitas

Adapun kewajiban seorang warga Negara yang baik adalah menaati semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah baik yang mengikat maupun tidak. Karena tujuan dari kewajiban-kewajiban itu adalah untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, ketentraman dan kebahagiaan hidup dalam suatu Negara.

Untuk mendapatkan kenyamanan disuatu Negara juga harus diimbangi dengan ketertiban seorang warga Negara dalam mematuhi tata tertib atau peraturan yang berlaku di Negara tersebut. Jika warga Negara sudah dapat mematuhi segaa macam aturan dan hukum maka kenyamanan, keamanan dan ketentraman akan dapat dirasakan oleh warga negaranya.

Demikian sedikit artikel tentang hak dan kewajiban warga Negara versi mimin, semoga bermanfaat ^^



Share:

0 comments:

Post a Comment