Monday, October 30, 2017

TUGAS PKN

 Selamat malam sahabat Lily... setelah sekian lama baru memposting... bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja yah....
1.      Melanggar, membuang sampah disungai
Masyarakat sering membuang sampah di sungai karena mereka selalu beralasan jika membakar sampah akan menyebabkan polusi udara. Padahal kita semua mengetahui akibat dari membuang sampah disungai adalah banjir, banjir terjadi karena saluran air tersumbat oleh sampah. Upaya yang harus dilakukan adalah memberi penyuluhan kepada semua masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan jika ada yang melanggar peraturan tersebut harus di beri sangsi yang tegas agar tidak diulangi kemudian hari.

2.      Melanggar, membuang sampah ke laut
Laut adalah tempat tinggal banyak makhluk hidup, karena sampah banyak makhluk hidup yang mati, rusaknya terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Mereka beralasan jika tidak ada tempat sampah di daerah pantai, maka dari itu mereka membuang sampah di laut. Upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah memberi sangsi kepada siapa saja yang membuang sampah sembarangan ke laut.


3.      Melanggar, tidak menaati tata tertib lalu lintas
Banyak anak-anak dibawah umur yang sekarang sudah berkendara di jalan raya tanpa mengenakan helm dan mempunyai SIM (surat izin mengemudi). Jika ditanya mengapa mereka berkendara motor walaupun tidak memiliki SIM, mereka cenderung menjawab jika orang tuanya mengizinkannya membawa motor untuk sekolah. Mereka tidak pernah menyadari jika berkendara di jalan raya tanpa menggunakan helm akan berakibat buruk pada keselamatan, maka peran orang tua disini sangat dibutuhkan. Upaya yang harus dilakukan polisi lalu lintas adalah memberi sangsi tegas kepada anak dibawah umur agar tidak membawa motor sendirian.
4.      Melanggar, mencoret-coret tembok atau merusak fasilitas umum

Mencoret-coret tembok yang ada disekitar jalan akan merusak pemandangan suatu lingkungan. Alasan mereka mencoret tembok adalah untuk mengabadikan sesuatu yang dianggap mereka penting, tanggal kelulusan misalnya. Upaya yang harus dilakukan adalah memberi sangsi  atau nasihat, mereka seharusnya menyalurkan hobi menulisnya dengan baik bukan merusak tembok-tembok tersebut.


5.      Menaati, menjaga kelestarian hutan
Kegiatan penghijauan harus sering di galakan di kalangan masyarakat agar fungsi hutan kembali yakni sebagai sumber udara segar. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan penghijauan yakni mencegah banjir dan tanah longsor. Selain itu polusi udara bisa menipis karena banyaknya oksigen yang di produksi oleh pohon-pohon yang ada di hutan. Upaya yang harus dilakukan adalah sering mengadakan kegiatan penghijauan, tidak mengotori hutan dan tidak menebang hutan sembarangan. Maka kelestarian hutan akan bisa terjaga dengan baik.
6.      Menaati, membuang sampah pada tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya adalah salah satu cara agar menjaga lingkungan tetapi bersih dan sehat. Alasan mereka membuang sampah pada tempatnya adlah agar tercipta lingkungan yang bersih. Upaya yang harus dilakukan adalah mempertahankan perilaku tersebut, bahkan jika perlu lingkunga tersebut diberi hadiah sebagai tanda bahwa lingkungan mereka bersih dari sampah.



7.      Menaati, selalu membawa topi saat upacara
Sekolah yang benar-benar menerapkan peraturan untuk peserta didiknya agar disiplin bisa terlihat dalam hal berpakain saat upacara. Peserta didik berpakaian lengkap ketika upacara, tidak akan ada lagi siswa yang tertinggal topi atau dasinya. Mereka selalu teliti dalam menyiapkan apa yang akan dibawa besok ketika akan ke sekolah. Akibat dari perilaku peserta didik yang disiplin adalah tidak akan pernah mendapatkan sangsi atau hukuman dari Bapak Ibu guru di sekolah karena mereka sudah menaati tata tertib yang ada di sekolah tersebut. Upaya yang haru dilakukan adalah mempertahankan perilaku disiplin itu.
8.      Menaati, memakai helm ketika berkendara di jalan raya
Menaati tata tertib lalu lintas merupakan hal yang wajib ditaati oleh semua warga negara, mereka menaati tata tertib karena mereka menyadari bahwa keselamatan mereka lebih berarti. Akibat dari perilaku menaati tata tertib adalah terciptanya suasana di jalan raya menjadi teratur. Upaya yang harus dilakukan polisi lalu lintas adalah memberi apresiasi kepada mereka yang menaati tata tertib dijalan raya dan memberi sangsi kepada mereka yang tidak melanggar tata tetib di jalan.


Share:

0 comments:

Post a Comment