Friday, September 8, 2017

CARA MEMBACA WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS

Selamat malam sahabat Lily.. bagaimana kabarnya? kali ini saya akan memposting tentang CARA MEMBACA WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS biar kagak malu ketika ditanya guru atau ketika sedang study tour ketemu bule. what time is it? ini adalah materi pelajaran buat SMP kelas VII semester I.
search from google

1.  Cara Formal
Cara berikut ini harus digunakan dalam situasi formal. Seperti saat kita berbicara dengan orang yang tidak dikenal, orang yang lebih tua, atau atasan kita. Berikut adalah cara menyampaikannya.

Contoh:
3:52 – Three fifty-two
9:15 – Nine fifteen
1:40 – One forty

Untuk menit dari 01 sampai 09 kita dapat mengucapkan dengan ‘oh’ atau dibaca ‘O’
Contoh:
10:04 – Eleven ‘oh’ four

2. Cara Informal
Biasanya cara cara ini digunakan ketika kita sedang berbicara tentang waktu dengan sahabat, atau orang yang sudah kita kenal dekat.

Cara ini digunakan dengan cara mengucapkan MENIT terlebih dahulu, baru kemudian JAM. Lalu menggunakan kata “Past” untuk menit 01 sampai 30.

Contoh:
4:14 – Fourteen past four (jam 4 lewat 14 menit)
3:20 – Twenty past three (jam 3 lewat 20 menit)
5:21 – Twenty-one five past five (jam 5 lewat 21 menit)

Untuk menit dari 31 sampai 59 maka mengunakan ‘TO’. Untuk bagian menit yang diucapkan yaitu bagian menit yang kurang untuk ke jam berikutnya. Contohnya, jam 2:50 bukan disebutkan fifty to three, melainkan ten to three.

Contoh:
6:45 – Fifteen to seven (Jam 7 kurang 15 menit)
7:55 – Five to eight (jam 8 kurang 5 menit)

Berikut cara lain saat menggunakan ‘PAST’ dan ‘TO’. Jika 30 menit = Half. Jika 15 Menit = a Quarter

Contoh:
7:15 – a quarter past seven
5:30 – half to six

Jika kalian menyebutkan waktu yang tepat gunakan kata o’clock
Contoh:

7:00 – Seven o’clock = jam tujuh tepat.

Demikian materi CARA MEMBACA WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian, sehingga jika ditanya jam berapa atau what time is it? kamu dapat menjawabnya dengan benar. Cara Membaca Waktu Dalam Bahasa Inggris


Share:

0 comments:

Post a Comment