Tuesday, August 4, 2020

PERBEDAAN PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF DAN GENERATIF

Selamat pagi sahabat Lily.... Bagaimana kabarnya??? Masih semangatkan belajar dari rumah? 😁 Semoga selalu bersemangat ya.... Memang belajar sendiri itu terkadang membosankan tetapi jika kita belajar dengan penuh semangat dan bahagia pasti menyenangkan, boleh lah belajar ditemani kue coklat dan susu coklat hmmm pasti yummy sekali ya guys !!!!

 Kali ini mimin akan memposting tentang perbedaan dari perkembangbiakan vegetatif dan generatif karena kebetulan hari ini mimin saat ngajar les itu pembahasannya... Yuuk langsung saja di simak 😊😊😊

Perkembangbiakan tumbuhan ataupun hewan  adalah salah satu cara untuk melestarikan tumbuhan tersebut. Banyak tumbuhan yang ada di sekitar kita dari yang memiliki banyak manfaat hingga yang sedikit memiliki manfaat. Memiliki bermacam-macam karakteristik dan jenis. 

Perkembangbiakan ada dua macam yaitu perkembangbiakan secara vegetatif (kawin) dan generatif (tidak kawin). Berikut ini berbagai macam perkembangbiakan tumbuhan yang harus diketahui oleh kita :

1. Perkembangbiakan Tumbuhan Generatif
Generatif merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan yang bisa dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri dan dengan cara yang alami. Tumbuhan yang melakukan perkembangbiakan secara generatif biasanya akan melakukan perkawinan pada bagian bagian bunga. Perkembangbiakan secara generatif harus melalui dua macam proses yaitu penyerbukan dan pembuahan. Pada umumnya tumbuhan bisa melakukan proses tersebut.

Berikut ini proses perkembangbiakan tumbuhan secara generatif :

Tahap pertama dalah tahap penyerbukan. Yang dimaksud dengan penyerbukan adalah saat serbuk sari terjatuh dari kepala putik.
Setelah penyerbukan terjadi, yang tejadi selanjutnya adalah serbuk sari yang terjatuh tersebut bisa menumbuhkan buluh serbuk sari. Buluh serbuk sari itu akan berjalan menuju ke bakal biji.

Setelah buluh serbuk sari masuk ke bakal biji, sel kelamin jantan atau yang biasa disebut dengan spermatozoid akan masuk ke bakal biji. Sel kelamin jantan tersebut bisa masuk bakal biji dikarenakan buluh serbuk sari tersebut.
Di dalam bakal biji tersebutlah akan terjadi pembuahan setelah penyerbukan. Pembuahan akan dilakukan dengan cara meleburnya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.
Pembuahan yang dilakukan tumbuhan tersebut menghasilkan zigot.

Zigot inilah yang nantinya menjadi tumbuhan baru hasil dari pembuahan induknya. Awalnya zigot akan menjadi lembaga, setelah menjadi lembaga zigot akan berubah menjadi bakal biji. Dari bakal biji, berubah menjadi bakal buah. Setelah menjadi bakal buah akan berubah menjadi daging buah.

2. Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif bisa dilakukan dengan bantuan manusia maupun dengan cara alami. Banyak manusia yang memiliki tumbuhan di halaman rumahnya memilih mengembangbiakkan tumbuhan yang dimilikinya dengan cara ini. Sayangnya tingkat keberhasilan dari perkembangbiakan dengan cara ini tergantung dengan cara manusia itu sendiri. Jika dia benar dalam melakukan langkah-langkah perkembangbiakan tersebut, tingkat keberhasilannya pengelompokan tumbuhan tergolong tinggi. Selain itu yang mendukung tingkat keberhasilan dari perkembangbiakan tersebut adalah jenis dari tumbuhan yang dikembangbiakkan. Setiap tumbuhan memiliki cara perkembangbiakan yang berbeda-beda. 

Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif :

Perkembangbiakan dengan cara tidak kawin atau vegetatif bisa dilakukan oleh tumbuhan tanpa melibatkan sel kelamin jantan dan juga sel telur. Peleburan sel kelamin jantan dan juga sel telur tidak diperlukan ketika mengembangbiakkan tumbuhan dengan cara ini.

Perkembangbiakkan tumbuhan secara vegetatif akan memiliki sifat sama dengan induk tumbuhan tersebut.

Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif bisa melibatkan bantuan tangan manusia atau alami dimana bisa dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri.

Jenis perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif lebih banyak diketahui oleh masyarakat dibandingkan dengan cara generatif.

Secara Generatif
Cara Perkembangbiakan tumbuhan secara kawin terdiri dari berbagai macam jenis. Sayangnya jenis perkembangbiakan secara generatif kurang diketahui masyarakat. Yang banyak diketahui oleh masyarakat adalah perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. 

Berikut ini adalah berbagai macam jenis perkembangbiakan tumbuhan secara generatif :
1. Konjugasi – Konjugasi merupakan perkembangbiakan tumbuhan dengan cara kawin yang tidak diketahui alat kelaminnya. Hal itu ada pada tumbuhan dengan jenis ganggang hijau.

2. Isogami – Perkembangbiakan jenis ini termasuk dalam perkembaangbiakan tumbuhan dengan jenis generatif. Hal itu dikarenakan pada perkembangbiakann isogami akan melibatkan 2 sel gamet dengan kelamin yang sama besar. Isogami banyak dilakukan oleh tumbuhan ganggang biru.

3. Anisogami – Anisogami masuk ke dalam perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dikarenakan melibatkan peleburan 2 sel kelamin jantan dan juga betina. Sel tersebut ukurannya tidak sama besar. Anisogami terjadi pada tumbuhan ulva atau ganggang yang berbentuk seperti lembaran.

4. Penyerbukan Dan Pembuahan – Jenis perkembangbiakan tumbuhan jenis ini merupakan perkembangbiakam yang paling banyak dilakukan oleh tumbuhan. Tumbuhan yang biasanya menggunakan perkembangbiakan dengan jenis ini adalah tumbuhan yang berbunga dan juga tumbuhan yang berbiji. Tumbuhan ini memiliki alat kelamin untuk sel jantan dan juga sel betina. Sel jantan akan memiliki alat kelamin berupa benang sari dan alat kelamin pada betina disebut dengan putik.

5. Anemogami – Perkembangbiakan tumbuhan anemogami akan dibantu dengan angin. Sifat dari perkembangbiakan ini adalah memiliki serbuk sari yang kering dan juga memiliki mahkota bunga yang kecil. Penyerbukan ini sering terjadi pada tumbuhan jagung dan juga rumput-rumputan.

6. Zoidogami – Penyerbukan zoidogami merupakan perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan dan membutuhkan bantuan dari luar. Bantuan dari luar itu dibantu oleh hewan. Hewan yang bisa membantu penyerbukan tumbuhan adalah serangga, burung dan juga kelelawar. Perkembangbiakan ini akan menghasilkan madu dan mengeluarkan aroma bunga. Perkembangbiakan yang melibatkan hewan ini terjadi pada bunga aster dan juga bunga kamboja.

7. Hidrogami – Perkembangbiakan ini membutuhkan bantuan dari luar seperti air. Tumbuhan yang membutuhkan bantuan air untuk perkembangbiakan adalah tumbuhan yang tempat hidupnya ada di air itu sendiri. Tumbuhan itu adalah tumbuhan hydrilla

Share:

0 comments:

Post a Comment