Monday, October 7, 2019

5 TIPS LANCAR DALAM PROSES PEMBUATAN SKRIPSI



Selamat malam sahabat Lily... bagaimana kabarnya? Menyenangkan bukan hehe. Kali ini mimin akan menshare tentang pengalaman mimin dalam membuat skripsi. Yah bukan karena mimin sok tau tetapi ini adalah pengalaman yang sudah mimin alami.

Skripsi itu sering menjadi momok bagi mahasiswa karena proses pembuatan yang panjang dan menguras tenaga serta pikiran, eh setelah diajui pembimbing malah banyak salahnya. Duh asli baper bener!!!! Kali ini mimin akan membahas kiat-kiat apa agar mengerjakan menjadi mudah dan tak bolak-balik kebaperan sama dosen pembimbing. Apa saja???? Yuuk disimak baik-baik yah ^_^

5 Tips Lancar Dalam Proses Pembuatan Skripsi


Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang 5 tips ini alangkah baiknya kita selalu membaca dengan baik-baik agar tidak selalu banyak bertanya, memahami dan menelaah lebih lanjut apa yang disampaikan hehe peace!!! Langsung saja ini dia tips dari mimin :

1.      Pahami buku panduan dalam mengerjakan skripsi
Buku panduan skripsi itu adalah buku panduan dasar-dasar pembuatan skripsi dari masing-masin PTN/PTS. Alangkah lebih baiknya jika kita sebelum membuat skripsi untuk lebih dulu memahami dasar-dasar pembuatannya. Dari mulai ukuran font, margin, size dan kawan-kawannya. Oke !!

2.      Mulai mencari referensi
Referensi sangat berpengaruh dalam pembuatan skripsi karena dari buku itulah kita bisa mengolah kata menjadi panjang dan lebar tetapi tetap dalam tema skripsi. Intinya pokok pembahasannya jangan menyebar luar dan berfokus pada tema skripsi.

3.      Merencanakan dengan baik saat mencari data pendukung
Mencari data pendukung untuk skripsi itu harus direncanakan dengan baik, membuat kerangka atau bahkan bisa menulis hal-hal apa saja yang harus dicari. Jangan sampai saat kita mencari data malah kita yang bingung mau bertanya kepada pemberi data, misalnya saat wawancara.

4.      Banyak-banyak membaca
Membaca adalah jendela ilmu, ya kata-kata yang sejak kecil selalu tergiang ditelingga dan sampai saat ini mimin selalu mengajarkan kepada murid-murid les untuk gemar membaca. Membaca juga mampu merangsang otak kita agar bisa mengembangkan kalimat-kalimat pendek dari referensi untuk skripsi kita.

5.      Banyak-banyak berdoa
Setelah kita berusaha keras dalam mengerjakan skripsi hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memperbanyak berdoa dan berserah diri pada Sang Pencipta. Poin ke 5 ini wajib hukumnya untuk dilakukan karena jika kita berserah diri maka akan ada kelapangan dan ketentraman hati kala melewati ujian apapun. So jangan lupa untuk memperbanyak berdo’a... Oke !!!

Demikian sedikit tips yang bisa mimin tulis semoga bermanfaat dan berhasil. Good Luck ^_^


Share:

0 comments:

Post a Comment