Monday, September 16, 2019

MANFAAT BAHASA DAN PERKEMBANGANYA DALAM MASYARAKAT



Selamat malam sahabat Lily...... bagaimana hari ini ? meneyenangkan bukan, secara menjadi pelajar itu kan mudah banget ya... tinggal belajar dan belajar tanpa ada beban berat atau mungkin punya beban berat  kalau ada pekerjaan rumah yang benar – benar memeras otak sekali. Dulu mimin juga gitu pas masih sekolah apalagi kalau pekerjaan rumahnya itu akuntansi.. duh uangnya yang di hitung berjuta-juta tapi tak ada yang ada hanya angka hmmmm. Lupakan tentang kebaperan mimin waktu itu, kali ini mimin mau ngeposting tentang Manfaat Bahasa dan Perkembanganya dalam Masyarakat, semoga bisa bermanfaat ya..........

*** Manfaat Bahasa dan Perkembanganya dalam Masyarakat ***


 1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, memiliki tujuan tertentu yaitu agar kita dipahami oleh orang lain. Jadi dalam hal ini respons pendengar atau lawan komunikan yang menjadi perhatian utama kita.

  2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia (berbisnis). Sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup berkelompok dan membentuk lingkungan pergaulan yang tentunya mereka tinggal di dalamnya, bekerja dan mencari kebutuhan hidup. Dari sinilah bahasa itu berfungsi sebagai alat untuk bekerja sama satu sama lain.

  3. Alat mengidentifikasi diri. Dengan bahasa kita bisa mengidentifikasikan diri kita pada orang lain,tentang bagaimana kita,perasaan ,keinginan,dll.

Bahasa bisa punah karena kebanyakan bahasa didunia ini tidak statis. Bahasa-bahasa itu berubah seiring waktu, mendapat kata tambahan, dan mencuri kata-kata dari bahasa lain. Bahasa hidup dan berkembang ketika masyarakat menuturkannya sebagai alat komunikasi utama. Ketika tidak ada lagi masyarakat penutur asli suatu bahasa disebut bahasa mati atau punah, meskipun masih ada sedikit penutur asli yang menggunakan tetapi generasi muda tidak lagi menjadi penutur bahasa tersebut.

Banyak situasi yang menyebabkan bahasa punah. Sebuah bahasa punah ketika bahasa itu berubah bentuk menjadi famili bahasa-bahasa lain.Orang indonesia kini boleh jadi tidak mengerti bahasa melayu yang digunakan di indonesia awal abad ke-20. Karena bahasa indonesia saat ini berasal dari bahasa melayu yang telah mengalami infusi kata-kata bahasa asing. Bisa dikatakan bahasa melayu bermetamorfosis dalam bahasa indonesia. Kelak kalau bahasa indonesia makin berkembang dan demikian pula bahasa melayu malaysia kemungkinan bahasa melayu akan punah.

Karena pengaruh globalisasi dan IPTEK menyebabkan masyarakat indonesia menganggap bahasa indonesia itu tidak gaul dan terlalu formal.Hal tersebut mengakibatkan bahasa Indonesia sering dicampur dengan kata-kata yang tidak formal dan itu mengakibatkan banyak anak muda Indonesia bahkan anak kecil tidak bisa mengucapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Share:

0 comments:

Post a Comment