Monday, April 17, 2017

DIORAMA MUSEUM BENTENG VREDEBURG


Selamat siang sahabat Lily... kali ini saya akan memposting tentang hasil penelitian dari studi banding ketika di  DIORAMA MUSEUM BENTENG  VREDEBURG . semoga bermanfaat 😊😊
search from google
BAB III HASIL PENELITIAN
3.1 Keunikan Diorama. Diorama 1 bangunan ini berisi berbagai cerita sejarag perjuangan kemerdekaan Indonesia mulai dari era pangeran diponegoro, kongres budi utomo di yogyakarta, berdirinya organisasi muhamadiyah, pemogokan kaum buruh dipabrik gula di yoyakarta, berdirinya taman siswa, kongres pertemuan Indonesia yang pertama, kongres long java, hingga sejarah awal mula masuknya jepang di yogyakarta ada semua disini, diorama II bangunan ini berisikan berbagai cerita tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Dimulai dari diorama ketika sultan hamengkubuwono IX memimpin rapat dalam rangka dukungan terhadap proklamasi pengambil alihan percetakan harian sinar matahari dan diganti namanya menjadi kedaulatan rakyat, hingga penurunan bendera hinomaru dan bendera merah putih digedung cokan kantai (Gedung Agung). Kemudia ada juga diorama tentang peristiwa pengeboman balai mataram, gedung RRI, dan museum sonobodoyo oleh tentara sekutu. Selanjutnya ada peristiwa pertempuran kota baru, persekutuan senjata tentara jepang oleh polisi istimewa, pemuda dan rakyat. Diorama III bangunan ini berisikan cerita tentang berdirinya sekolah militer akademi di Yogyakarta. Pembentukan tentara keamanan rakyat (TKR), kongres pemuda di Yogyakarta, sejarah berdirinya universitas gajah mada. Hingga masa pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta. Diorama IV bangunan ini berisikan berbagai cerita tentang sejarah Indonesia setelah kemerdekaan. Mulai dari pemilihan umum pertama Indonesia yang di selenggarakan di Yogyakarta, pertemuan rencana kolombo ditahun 1959 seminar nasional pancasila 1. Serta pencadangan trikomando rakyat (Trikora) sebagai upaya pembebasan iran barat. Peristiwa gerakan 30 september (1930) PKI di Yogyakarta, rapat kebulatan tekad penumpasan 6305 PKI di alun-alun utara Yogyakarta, sampai dengan momen penyampaian amanat dari presiden Soeharto tentang pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (PA) dalam rangka diesnatalis unirvitas gajah mada tahun 1974 juga ada di gedung ini selain diorama yang berisikan gambaran sejarah di Indonesia di dalam musuem benteng vredeburg juga terdapat fasilitas dengan teknologi layar sentuh yang berisikan panduan wisata di provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Fasilitas ini dilengkapi dengan petunjuk jalan informasi mengenai tempat kuliner serta akomodasi di Yogyakarta.
3.2 Sejarah berdirinya museum benteng
3.2.2 Sejarah berdirinya museum benteng vredeburg didirikan oleh sultan hamengkubuwono 1 atas permintahan belanda pada tahun 1760 awalnya benteng ini hanyalah berupa benteng sederhana yang berbentuk bujur sangkar, disetiap sudutnya memiliki bastion yang memiliki nama yang berbeda-beda seperti jaya prayitna (bastion sudut tenggara), jaya prakosani (bastion sudut barat daya), jaya wisesa (bastion sudut barat laut) dan terakhir jaya purusa (bastion sudut timur laut). Selang 2 tahun kemudian melalui W.H ossen berch. Belanda mengusulkan untuk memperkokoh bangunan namun baru tahun 1967 pembangunan benteng dimulai. Butuh waktu 20 tahun untuk menyelesaikan pembangunan benteng, dan kemudian diberi nama benteng peristirahatan pada tahun 1867 gempa bumi hebat menguncang Yogyakarta dan merobohkan beberapa bangunan termasuk benteng Rustenburg. Setelah bencana berlalu benteng tersebut kembali di benahi dan diberi nama benteng vredeburg atau benteng perdamaian, nama ii dipilih sebagai bentuk perdamaian antara kolonial belanda dan kesultanan Yogyakarta. Tahun demi tahun berganti, kepemimpinan dari benteng vredeburgpun silih berganti mulai dari VOC, pemerintah belanda, inggris, jepang dan baru setelah indonesia merdeka benteng vredeburg sepenuhnya dimliki oleh pemerintah indonesia. Sejak tahun 1992 benteng vredeburg dialihkan fungsinya menjadi monumen perjuangan nasional yang diberi nama museum benteng vredeburg. Saat ini pada bulan tertentu (juni, juli) ditempat ini diselenggarakan festival kesenian Yogyakarta atau dikenal dengan FKY.
3.3.3 kelebihan diorama yaitu berisi koleksi barang peninggalan dulu yang berharga, denga koleksi tersebut masyarakat dan berkomunikasi dengan masa silam. Kekurangan diorama yaitu, disana juga terdapat barang peninggalan jaman dahulu yang rusak karena barang tersebut sudah lama tidak dipakai dan tidak diperbaiki.
3.4.4 museum vredeburg termasuk dikalangan remaja masa kini. Mereka dapat juga belajartentang sejarah peninggalan dahulu. Peninggalan tersebut merupakan salah satu bukti pengaruh kolonialisme dalam bidang

BACA JUGA ARTIKEL SEJARAH LAINNYA

SEJARAH HARI IBU-TUGAS

Share:

0 comments:

Post a Comment