Thursday, May 2, 2019

AYO HIJRAH MENJADI LEBIH BAIK BERSAMA BANK MUAMALAT


Selamat malam sahabat Lily... kali ini mimin mau mencoba untuk mengikuti lomba blog lagi yang diadakan oleh BANK MUAMALAT INDONESIA, mimin mengikuti lomba blog ini untuk mengasah lagi dan lagi teknik kepenulisan mimin yang acak kadul, kadang membuat pembaca tak memahami apa yang mimin sampaikan.

Ramadhan Tiba, Ayo Hijrah Menjadi Lebih Baik Bersama Bank Muamalat

Hijrah adalah kata yang sudah kita kenal sejak di bangku sekolah dasar dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tak hanya itu, menjadi lebih baik dari hari ke hari adalah sebuah keharusan yang mesti selalu di pupuk agar selalu menjadi lebih baik lagi.


Cerita singkatku dalam berhijrah, waktu itu aku dalam keadaan yang  sangat buruk hingga tak mengenal diriku sendiri. Melampaui batas dalam bertutur kata hingga suatu ketika malam aku tertidur dengan pulasnya tanpa merasa berdosa karena meninggalkan kewajiban sholat 5 waktu. Aku tidur seperti malam-malam sebelumnya tetapi malam itu begitu mencekam dalam hati tetapi aku mencoba untuk tenang dengan mendengarkan lagu-lagu favorit di gawaiku. Mimpi ini terasa nyata, ada seseorang berjubah putih memberi nasehat bahwa dunia ini hanya sementara, segala yang kamu lakukan akan di pertanggung jawabkan kelak. Berubahlah menjadi lebih baik, tutup auratmu mulailah berhijab. Sontak aku kaget, terasa begitu sakit pipi ini serasa ditampar hingga badan menjadi panas dingin. Itulah awal mulanya aku menuju hijrahku untuk menjadi lebih baik lagi hidup di dunia yang hanya sementara ini.

Meninggalkan cerita hijrahku sahabat, sekarang mimin akan membahas keinginan terbesar mimin untuk memiliki tabungan yang syar’i. Sudah lama mimin berkeinginan untuk menabung di BANK MUAMALAT INDONESIA ini tetapi karena mimin hanya bekerja sebagai guru privat serasa berat untuk menabung. Tetapi mimin percaya jika ada kalanya suatu saat keinginan mimin ini menjadi kenyataan yah memiliki Rekening pribadi di BANK MUAMALAT INDONESIA untuk masa depan lebih indah dan baik lagi.


Mengapa mimin kepengen bahkan ngebet banget untuk mempunyai Rekening di BANK MUAMALAT INDONESIA. Apa sih BANK MUAMALAT  INDONESIA itu??? BANK MUAMALAT (hukum yang mengatur hubungan antar manusia) INDONESIA adalah bank umum yang pertama kali di Indonesia yang menerapkan sistem syar’i (syariat islam) dalam menjalankan operasionalnya.  Tak hanya itu BANK MUAMALAT INDONESIA diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta didukung oleh cendekiawan muslim. Yang mimin ketahui dari BANK MUAMALAT INDONESIA ini adalah produk pendanaannya menggunakan prinsip Wadiah (titipan) dan Mudharabah (bagi hasil). Sedangakn penanaman dananya menggunakan prinsip jual beli, bagi hasil dan sewa.

6 akad perbankan Bank Muamalat INDONESIA

Ada 6 akad perbankan yang ada di Bank Muamalat yang akan diuraikan berdasarkan pengetahuan mimin di bawah ini secara singkat dan jelas :
  1. Murabahah adalah akad jual beli yang dimana keuntungan disepakati oleh penjual dan pembeli, rincian barangnya detil. Barang diserahkan setelah terjadi akad dan pembayaran bisa dengan cara di angsur atau langsung cash.
  2.  Salam adalah jual beli yang dilakukan dengan cara pemesanan berbagai produk dan memberikan uangnya terlebih dahulu. Uang yang dibayarkan akan dijadikan modal utama Nasabah.
  3.   Istishna’ adalah jual beli barang dalam bentuk pemesanan barang berdasarkan persyaratan dan kriteria tertentu.
  4.   Mudharabah Muqayyad adalah akad yang dilakukan antara pemilik modal dengan pengelola kemudian hasil dibagi bersama sesuai kesepakatan perjanjian awal.
  5.  Musyarakah adalah perjanjian / akad yang dilakukan antara pemilik modal yang satu dengan yang lainnya, kemudian untuk pengelolanya bisa salah satu dari pemilik modal. Tergantung kesepakatan pada awal terjadinya akad. 
  6.  Wadiah adalah akad yang terjadi antara dua pihak, yang dimana pihak pertama atau nasabah menitipkan suatu barang ke lembaga keuangan contoh disini adalah Bank Muamalat. Kemudian akan ini akan di terapkan pada rekening Giro.




Dari uraian diatas semakin membuat tekad mimin untuk memiliki Rekening di Bank Muamalat semakin menggebu hehehe, semoga saja Hijrah ini berpengaruh positif pada Hijrahnya tabungan yang dulunya di Bank biasa menuju Bank yang berbasis syariat islam. BANK MUAMALAT INDONESIA menjadi pilihan number one and only yang harus dimiliki.

 Terimakasih ku ucapkan untuk #BankMuamalat #AyoHijrah #MiladBankMuamalat


Share:

2 comments:

  1. Ayo Mbak, buka tabungan di Bank Muamalat. Setoran awalnya minimal 100.000 koq. :)

    ReplyDelete
  2. iya kakak, belum sempat ke kota :) maklum rumahnya di pelosok desa

    ReplyDelete